Monday, February 22, 2016

Info Ibu Hamil Seputar Penyakit yang Bisa Disembuhkan Ketika Bayi Masih Ada Di Dalam Kandungan


info ibu hamil
Ibu dan Balita
Info ibu hamil ini wajib diketahui oleh para wanita yang sekarang ini sedang hamil, yaitu tentang penyakit apa saja yang bisa dihindari atau dicegah ketika si kecil masih ada di dalam rahim. Hal ini sangat penting agar si kecil bisa bertahan dan berkembang sehingga bisa lahir dalam keadaan sehat. Selain itu, bagi ibu sebagai orang tua, ibu juga tidak perlu mengkhawatirkan jika ternyata bayi lahir dengan penyakit bawaan.
Tentu saja setiap orang tua tidak menginginkan hal tersebut. Untuk itu, dengan mengetahui info ibu hamil kali ini tentang penyakit yang bisa dicegah sewaktu bayi masih ada di dalam kandungan, ibu bisa melakukan antisipasi mulai saat ini.
HIV/AIDS
Sampai saat ini, HIV/AIDS merupakan salah satu penyakit yang sangat mematikan. Lebih dari itu, obat untuk penyakit ini belum ditemukan. Para ahli medis yang bisa melakukan dua hal, yaitu mencegah virus semakin menyebar di tubuh pasien dan mencegah agar virus tidak menular ke orang lain.
Untuk ibu hamil, bayi dalam kandungan sangat rentan sekali terkena HIV/AIDS jika ibu sudah dinyatakan positif terkena virus ini. Meski demikian, tidak dipungkiri memang ibu yang terkena AIDS namun bayi yang dilahirkan sehat. Itu hanya terjadi dalam beberapa kasus yang jumlahnya bisa dihitung dengan jari. Yang paling sering terjadi adalah bayi akan mengidap AIDS ketika sang ibu sudah dipastikan diserang virus AIDS.
Namun, menurut info ibu hamil, penyakit ini bisa dicegah dengan menerapkan beberapa beberapa terapi. Salah satunya adalah terap kombinasi atau terapi antiretroviral. Ini meruakan terapi yang disarankan untuk dilakukan oleh ibu hamil yang sudah jelas mengalami penyakit AIDS. Dengan menerapkan terapi ini, kemungkinan besar virus tidak menyerang sang buah hati yang ada di dalam rahim.
Itulah mengapa pemerintah melalui dinas kesehatan terkait sedang gencar-gencarnya mengkampanyekan agar ibu hamil muda melakukan tes HIV/AIDS. Hal tersebut bukan untuk mengungkap aib ibu, tapi sebagai langkah pencegahan agar AIDS tidak semakin menyebar.
Hedrosefalus
Penyakit lainnya lagi yang bisa dicegah ketika bayi masih ada di dalam kandungan adalah penyakit hedrosefalus. Penyakit yang satu ini merupakan penyakit di mana bayi mengalami pembengkakkan pada kepalanya. Hal ini dikarenakan cairan pada kepala yang terlalu banyak. Penyakit yang satu ini bisa disebabkan faktor genetik, adanya pendarahan, tumor, dan juga infeksi.
Terlepas dari faktor penyebab hedrosefalus tersebut, ibu sebaiknya menerapkan semua info seputar ibu hamil agar penyakit ini bisa dihindari. Setidaknya, ibu konsultasi ibu secara rutin. Pastikan ibu melakukan tes USG saat usia janin memasuki usia 6 bulan. Pada saat ini, dokter kandungan sudah bisa memastikan apakah bayi terjangkit penyakit hedrosefalus atau tidak.
Jika memang ternyata janin dalam kandungan ibu positif terjangkit hedrosefalus, sebenarnya cairan yang menyebabkan pembengkakan pada kepala bayi tersebut bisa disedot meski masih ada di dalam kandungan.
Sebenarnya, untuk penyakit yang satu ini, sangat penting bagi setiap ibu hamil untuk melakukan konsultasi kehamilan mulai dari awal kehamilan hingga hampir melahirkan. Hal ini diperlukan agar ibu tahu nutrisi apa yang kurang sehingga membuat munculnya resiko janin bisa mengalami hidrosefalus.
Dari sekian banyak penyakit berbahaya yang mengancam bayi, HIV/AIDS dan hedrosefalus merupakan dua diantara penyakit yang bisa dihindari dan disembuhkan ketika bayi masih ada di dalam kandungan. Namun, pada intinya, seorang ibu hanya perlu melakukan yang terbaik untuk menjaga kesehatan serta perkembangan janin dalam kandungan agar terhindar dari segala jenis penyakit dengan cara menerapkan tips menjaga kesehatan sesuai dengan info ibuhamil.

No comments:

Post a Comment