Thursday, February 11, 2016

Info Ibu Hamil Seputar Menu Makanan untuk Mengurangi Morning Sickness


info ibu hamil
Ibu dan Balita
Info ibu hamil berikut ini akan membahas cara mengatasi morning sickness dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan. Seberapa efektif kah?
Sebelum membahas tentang menu makanan yang bisa meredakan morning sickness seperti mual dan muntah terutama saat masa kehamilan trimester pertama, ibu harus tahu juga tentang makanan apa saja yang sebenarnya menyebabkan morning sickness menjadi lebih parah. Dan ternyata, bukan hanya susu ibu hamil yang menyebabkah hal tersebut. Berikut ulasan selengkapnya.
Makanan yang Bisa Memperburuk Morning Sickness
Banyak sekali info ibu hamil trimester pertama yang membahas tentang apa itu morning sickness lengkap dengan hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, ibu harus tahu tidak semua informasi tersebut itu valid. Salah satu contoh ada artikel yang membahas tentang info ibu hamil khusus mengenai mual dan muntah saat hamil muda. Ternyata, ada anggapan bahwa mual dan muntah tersebut disebabkan oleh susu ibu hamil sehingga seolah-olah susu untuk ibu hamil menjadi penyebab mual dan muntah.
Jelas itu info ibu hamil yang salah. Memang terkadang ibu hamil setelah mengkonsumsi susu ibu merasa mual dan muntah. Namun, bukan susu yang menyebabkan mual dan muntah. Gejala tersebut disebut morning sickness karena pengaruh produksi hormone yang semakin banyak.
Sementara itu, morning sickness tersebut semakin parah ketika ibu mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gas. Itulah mengapa sangat tidak disarankan ibu hamil mengkonsumsi makanan yang mengandung kubis. Pasalnya, bahan berupa kubis ini bisa menyebabkan gas di dalam lambung.
Namun, tidak itu saja. Ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari juga seperti makanan yang amis, makanan pedas, dan juga daging atau ikan yang dimasak setengah matang.
Lalu, apa menu makanan yang disarankan?
Makanan yang Sangat Dianjurkan untuk Dikonsumsi
Info ibu hamil kali ini fokus terhadap makanan sehat dan baik untuk mengurangi morning sickness. Sebelumnya, apakah ibu sering tidak sarapan karena takut mual dan muntah? Jika ibu melakukan hal tersebut, mulai sekarang ibu sebaiknya menghentikan hal itu. Mulailah hari dengan sarapan yang sehat agar kesehatan selalu terjaga.
Cobalah untuk mengkonsumsi oatmeal. Jangan khawatir. Walaupun makanan ini termasuk sereal, tapi makanan ini sehat kok untuk dikonsumsi ibu hamil. Apalagi oatmeal saat ini sudah diperkaya dengan berbagai jenis gizi. Sajikan oatmeal satu mangkuk setiap hari dan rasakan bedanya. Ibu tidak akan merasa mual dan muntah di pagi hari.
Jika ibu juga merasa mual setelah minum susu ibu hamil, ibu bisa campurkan susu tersebut dengan oatmeal. Pasti rasa mual berkurang.
Lalu, bagaimana dengan menu makan siang? Sebenarnya tidak ada menu makanan khusus untuk makan siang apalagi mual dan muntah lebih sering terjadi di pagi hari. Namun, untuk menu makan siang, pastikan ibu memilih makanan sehat untuk ibu hamil ya.
Makanlah dengan porsi yang sedikit, namun frekuensinya lebih banyak. Artinya, ibu bisa mengurangi porsi makanan namun setiap hari ibu sebaiknya mengkonsumsi makanan lebih dari 3 kali. Cara seperti bisa sangat efektif mengurangi mual dan muntah saat hamil muda.
Semoga info ibu hamil trimester pertama ini bermanfaat bagi ibu. Terapkan dan lihat apa yang berbeda. Menjalani masa kehamilan itu luar biasa menyenangkan jika ibu tahu bagaimana caranya. Hindari keluhan kesehatan yang sering membuat ibu hamil khawatir dengan cara memperkaya pengetahuan atau info ibu hamil.

No comments:

Post a Comment