Wednesday, February 24, 2016

Info Ibu Hamil yang Penting Ibu Ketahui Seputar Kapan Sebaiknya Ibu Periksa USG


info ibu hamil
Friso Indonesia
Info ibu hamil berikut ini akan menjelaskan sebenarnya kapan saja waktu yang tepat untuk memeriksakan USG. Apakah ibu harus rutin memeriksakan USG setiap bulan sekali atau perlu lebih sering lagi?
Ibu harus tahu bahwa memeriksakan USG itu tidak hanya untuk memastikan janin dalam kandungan berkembang normal. Akan tetapi, pemeriksaan USG juga diperlukan untuk mengetahui apakah ada kelainan pada bayi dalam kandungan, bagaimana dengan kapasitas air ketuban, dan lain sebagainya.
Waktu yang Tepat Melakukan Pemeriksaan USG
Dari penjelasan tersebut di atas, sepertinya memang ibu tidak perlu memeriksakan USG terlalu sering seperti satu bulan dua kali atau bahkan lebih. Satu bulan sekali saja sudah cukup. Hanya saja, jika memang ibu merasakan hal yang aneh yang mungkin membuat perkembangan janin terganggu, ibu bisa pada waktu itu juga datang ke dokter atau bidan untuk melakukan konsultasi kehamilan. Dalam sesi konsultasi tersebut, ibu bisa meminta untuk dilakukan pemeriksaan USG.
Namun, para ahli kandungan sangat menyarankan agar ibu hamil datang ke bidan atau dokter kandungan untuk melakukan konsultasi ibu hamil secara terjadwal, yaitu satu bulan sekali. Hal hal ini penting sekali untuk memastikan tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan perkembangan janin dalam kandungan.
Apa Saja yang Harus Ibu Ketahui Ketika Pemeriksaan USG
Dalam menjalankan proses pemeriksaan menggunakan alat USG, bidan atau dokter kandungan tidak hanya mengetahui bagaimana kondisi janin dalam kandungan, tapi mereka juga tahu apakah ada kemungkinan bayi lahir dalam keadaan cacat atau tidak. Hanya saja informasi ini tidak bisa didapatkan ketika masa kehamilan muda. Informasi apakah ada potensi bayi lahir cacat atau tidak ketika masa kehamilan sudah masuk usia 18-23 minggu.
Itulah mengapa penting sekali ibu melakukan konsultasi kehamilan dengan bidan atau dokter kandungan serta meminta untuk dilakukan pemeriksaan USG. Jika usia kandungan sudah masuk 18 minggu, ibu bisa tanya apakah ada kemungkinan bayi cacat atau tidak. Sebenarnya, jika ibu sudah menerapkan info ibu hamil seputar makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi agar bayi tidak lahir dalam keadaan cacat, ibu tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Hanya saja, kemungkinan tersebut memang ada. Jadi, selain sudah berusaha dengan makan makanan yang sehat, akan lebih baik juga ibu konsultasi untuk mengetahui keadaan sesungguhnya apakah ada potensi bayi cacat atau tidak.
Selain itu, saat pemeriksaan USG, penting juga bagi ibu untuk menanyakan hal mengenai posisi janin dan juga kondisi air ketuban. Biasanya, pertanyaan ditanyakan saat masa persalinan sudah hampir tiba. Pasalnya, jika masa persalinan sudah dekat namun posisi janin belum bagus, maka kemungkinan besar ibu harus melahirkan melalui operasi Caesar. Begitu juga dengan air ketuban. Jika ternyata air ketuban tidak mencukupi hingga HPL (hari perkiraan lahir), maka biasanya dokter akan mengambil tindakan untuk memaksa janin untuk lahir lebih awal.
Terlepas dari itu semua, perlu sekali bagi ibu untuk menerapkan semua info seputar info ibu hamil. Jadi, saat jadwal pemeriksaan USG, ibu tidak perlu was-was. Karena ibu sudah semaksimal mungkin menjaga kesehatan ibu dan janin dalam kandungan, ibu tidak perlu takut ada hal buruk yang terjadi pada janin.
Jadi, pada intinya ibu hanya perlu menerapkan hidup yang sehat. Pemeriksaan USG hanya untuk kontrol saja. Sementara itu, kunci janin sehat atau tidak adalah sejauh mana ibu menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan janin sesuai dengan tips atau info ibu hamil.

No comments:

Post a Comment