Wednesday, February 17, 2016

Masa Persalinan Sudah Dekat? Berikut Info Ibu hamil yang Penting untuk Diperhatikan

info ibu hamil

Friso Indonesia

Info ibu hamil berikut ini sangat penting untuk dikatahui ketika masa persalinan sudah hampir tiba. Setidaknya, jika usia kandungan ibu saat ini sudah masuk trimester ketiga, siap-siap ibu akan semakin repot. Ada banyak kegiatan yang harus ibu lakukan. Jika Selama kehamilan trimester pertama ibu hanya fokus untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan janin untuk berkembang, pada trimester ketiga dan khususnya ketika masa persalinan hampir tiba, ada banyak hal lagi yang harus ibu lakukan.

5 Hal Penting Saat Masa Persalinan Sudah Dekat
Sebelumnya, ibu tidak perlu terlalu khawatir apalagi takut ketika masa persalinan hampir tiba. Jika ibu baru pertama kali hamil, mungkin rasa khawatir dan takut tersebut wajar. Hanya saja, jangan sampai ibu terlalu khawatir bahkan hingga berpengaruh pada kondisi fisik dan psikis ibu.
Info ibu hamil berikut ini akan menghilangkan rasa khawatir dan takut.
Yang pertama, ikutilah program senam ibu hamil. Jika ibu ingin sekali melahirkan sang buah hati dengan cara normal, maka sangat disarankan untuk mengikuti program senam hamil. Pasalnya, senam ibu hamil ini akan membantu mempersiapkan agar si kecil bisa lahir dengan normal.
Ibu pasti tahu ada gerakan-gerakan khusus yang harus ibu lakukan ketika mengikuti program senam ibu hamil ini. Dan gerakan tersebut ternyata dilakukan bukan tanpa tujuan. Ada beberapa gerakan yang akan membuat posisi janin bagus sehingga bisa lahir secara normal. Selain itu, ada juga gerakan agar fisik ibu siap untuk melahirkan normal. Jadi, senam ibu hamil akan membuat ibu siap untuk melakukan persalinan normal.
Yang kedua, rajinlah konsultasi kehamilan. Jika selama ini ibu berkonsultasi kehamilan dengan bidan, ada baiknya ketika masa persalinan sudah dekat, ibu memilih untuk konsultasi dengan dokter. Tujuannya agar mendapatkan pemeriksaan USG untuk memastikan air ketuban cukup hingga HPL dan kondisi serta posisi janin sudah bagus.
Info ibu hamil yang ketiga adalah mempersipkan keperluan bayi. Jangan sampai ibu terlalu mepet membeli perlengkapan bayi seperti baju bayi, empat tidur bayi, dan lain sebagainya. Ajaklah suami ibu untuk berbelanja semua keperluan bayi ketika masa kehamilan sudah masuk trimester ketiga. Karena berbelanja itu tidak hanya cukup satu atau dua hari saja. Untuk  itu, ibu bisa membeli beberapa perlengkapan terlebih dahulu.
Yang keempat, mulailah mempersiapkan nama. Apakah ibu sudah tahu jenis kelamin si kecil? Meskipun ibu sudah melakukan pemeriksaan USG dan dokter kandungan sudah mengatakan jenis kelamin si kecil, tidak ada salahnya jika ibu mempersiapkan beberapa nama bayi laki-laki dan bayi perempuan. Kadangkala, apa yang dilihat oleh dokter kandungan itu tidak sesuai ketika bayi dilahirkan.
Yang terakhir, usahakan untuk melatih pernafasan setiap hari. Info seputar ibu hamil yang satu ini penting sekali untuk diketahui jika ibu sangat menginginkan melahirkan secara normal. Melatih pernafasan itu sangat penting. Pasalnya, ibu akan mengeluarkan banyak tenaga ketika proses persalinan. Lakukan latihan pernafasan dengan menghirup udara dalam-dalam lalu melepaskan secara perlahan-lahan. Lakukan beberapa kali setiap hari.
Permasalahan yang Sering Muncul Sebelum Melahirkan
Jika saat ini ibu sedang menunggu kelahiran sang buah hati, mulailah untuk lebih sering rileks. Jangan memikirkan hal yang bermacam-macam. Banyak sekali ibu hamil yang justru memikirkan hal-hal negatif ketika masa persalinan hampir tiba.
Akan lebih baik jika ibu lebih sering santai. Abaikan pikiran negatif dengan cara lebih banyak membaca info seputar ibu hamil. Ketahui juga bagaimana memberikan perawatan bayi dan apa yang ibu harus lakukan ketika si kecil nanti lahir. Jadi, alihkan pikiran-pikiran negatif dengan memperkaya wawasan seputar info ibu hamil.

No comments:

Post a Comment