Monday, February 22, 2016

Info Ibu Hamil yang Perlu Ibu Ketahui Ketika Hendak Melakukan Persalinan


info ibu hamil
Ibu dan Balita


Info ibu hamil yang satu ini perlu diperhatikan saat masa persalinan sudah dekat. Atau bahkan jika menurut HPL (hari perkiraan lahir) masa persalinan hanya menunggu beberapa jam saja, maka berikut ini info penting tentang ibu hamil yan perlu untuk diketahui.
Rileks
Sebelum membahas panjang lebar tentang rileks serta bagaimana agar ibu bisa rileks saat menghadapi masa persalinan, ibu harus tahu dulu beberapa masalah yang sering dialami oleh seorang wanita hamil. Salah satunya adalah naiknya tekanan darah. Masalah yang satu ini yang paling sering dialami wanita hamil yang tinggal beberapa hari atau bahkan tinggal beberapa jam menjalani proses persalinan.
Kenapa tiba-tiba tekanan darah naik? Ini info ibu hamil yang penting untuk diketahui. Ternyata, kebanyakan kasus di mana tekanan darah ibu hamil naik saat menghadapi masa persalinan itu terjadi bukan karena riwayat kesehatan, namun karena mereka tegang menghadapi masa persalinan. Rasa takut membuat tekanan darah mereka naik. Padahal, sangat beresiko jika pada saat persalinan ternyata tekanan darah ibu tinggi.
Itulah mengapa penting sekali menerapkan info seputar ibu hamil tentang bagaimana menghindari tekanan darah tinggi saat menghadapi masa persalinan. Usahakan ibu rileks agar tidak stres yang sering mengakibatkan tekanan darah tinggi. Hilangkan semua pikiran negatif. Ajak suami untuk jalan-jalan kecil di sekitar rumah sakit jika ibu sudah berada di rumah sakit. Jika masa persalinan masih cukup lama dan ibu masih berada di rumah, ibu bisa mengajak suami untuk berendam karena cara ini bisa membuat ibu rileks. Itulah pentingnya rileks bagi ibu hamil yang sedang menghadapi masa persalinan.
Membawa Perlengkapan Bayi yang Penting
Jika ibu merasa sudah ada kontraksi yang menjadi tanda-tanda bahwa sang buah hati akan lahir, maka segeralah ke rumah sakit bersalin, setidaknya untuk melakukan konsultasi kehamilan untuk memastikan apakah kontraksi tersebut kontraksi biasa atau benar-benar tanda bahwa ibu akan segera melahirkan sang buah hati. Hanya saja, jangan lupa untuk membawa perlengkapan calon bayi.
Tentu saja ibu sudah menyiapkan semua perlengkapan untuk menyambut kehadiran sang buah hati. Akan tetapi, bukan berarti semua perlengkapan tersebut harus ibu bawa. Setidaknya bawa tiga perlengkapan bayi; yaitu popok, dua pasang pakaian ganti untuk si kecil, dan perlengkapan tidur seperti selimut.
Membawa semua perlengkapan bayi tentu saja merepotkan. Dan tidak semua perlengkapan tersebut akan digunakan. Untuk itu, tiga perlengkapan bayi tersebutlah yang semestinya ibu bawa.
Bawa Perlengkapan untuk Ibu
Selain perlengkapan untuk bayi, ibu pun harus membawa perlengkapan sendiri. Apa saja yang sebaiknya ibu bawa?
Yang pertama adalah pakaian. Dalam hal ini, yang terpenting adalah ibu membawa bra untuk ibu menyusui. Ini sangat diperlukan agar ibu tidak susah untuk memberikan ASI kepada si kecil selama berada di rumah sakit.
Selanjutnya, bawa juga gurita yang bisa ibu gunakan setelah proses persalinan. Jika ibu nanti melahirkan secara normal, maka gurita ini bisa digunakan. Namun, jika proses persalinan tidak normal, maka gurita ini tidak bisa langsung ibu gunakan.
Yang terkhir adalah beberapa pasang baju yang longgar. Ibu harus tahu bahwa nanti ibu akan lebih sering menyusui. Maka, pastika ibu membawa pakaian yang mudah bagi ibu untuk menyusui si kecil.
Tentu masih banyak lagi hal-hal yang perlu ibu ketahui seputar info untuk ibu hamil. Namun, setidaknya ibu harus persiapkan tiga hal tersebut di atas. Setelah sudah siap, ibu bisa mencari tahu apa saja yang perlu ibu ketahui seputar info ibu hamil.

No comments:

Post a Comment